Sabtu, 10 Agustus 2013

Jutsu mata Uchiha dalam mitologi Jepang

Jutsu mata Uchiha dalam mitologi Jepang? Selamat pagi sobat blogger, Jutsu mata Uchiha dalam mitologi Jepang adalah poting saya  pagi ini? Naruto Lover ataupun bahkan yang hanya tau-tau saja pasti mengenal jutsu-jutsu kekuatan mata sharingan klan Uchiha, siapa sangka ternyata dalam mitos mitologi jepang memang benar ada fakta dan keberadaanya.. Mungkin memang Jutsu mata sharingan dalam serial Naruto diambil dari mitologi Jepang.

sigit sapto wahyono
Sasuke - Itachi - Obito (Uchiha Clan)

Okee seperti biasa ga pake basa basi berikut Jutsu mata Uchiha dalam mitologi Jepang:


1. Izanagi dan Izanami

Mangkekyu Sharingan
Izanagi dan Izanami turun di Ashihara no Nakatsu Kuni, menikah, dan berturut-turut melahirkan pulau-pulau yang membentuk kepulauan Jepang yang disebut Yashima. Setelah melahirkan berbagai kami, Izanami tewas akibat luka bakar saat melahirkan Kagutsuchi (dewa api). Setelah membunuh Kagutsuchi, Izanagi pergi ke negeri Yomi untuk mencari dan menyelamatkan Izanami. Setelah berada di negeri Yomi, wujud Izanami berubah menjadi menakutkan. Izanagi yang melihat sosok Izanami menjadi lari ketakutan.

Izanami - Izanagi
Izanagi menjalani misogi (mandi) karena tidak suka dengan kekotoran (kegare) yang terbawa dari Yomi. Ketika melakukan misogi, Izanagi melahirkan pula sejumlah kami, saat mencuci mata kiri terlahir Amaterasu (dewa matahari, penguasa Takamanohara), saat mencuci mata kanan terlahir Tsukuyomi (dewa bulan, penguasa malam), dan saat mencuci hidung lahir Susanoo (penguasa samudra). Ketiga kami ini disebut Mihashira no Uzu no Miko, dan menerima perintah dari Izanagi untuk menguasai dunia.










 
2. Amaterasu, Susanoo dan Tsukuyomi

dibee kalitengah
Amaterasu

grasingas
Susanoo

Susanoo ingin pergi ke tempat Izanami di Ne no Kuni dan berteriak-teriak menangis hingga membuat kerusakan luar biasa di langit dan bumi. Susanoo akhirnya pergi naik ke Takamanohara yang diperintah Amaterasu. Kedatangan Susanoo salah dimengerti, Amaterasu menyangka Susanoo datang untuk merebut Takamanohara. Susanoo disambut Amaterasu dengan busur dan anak panah. Agar kecurigaan Amaterasu terhapus, dari setiap benda yang menempel di badan Susanoo lahir kami yang jenis kelaminnya membuktikan kemurnian tubuh Susanoo. Amaterasu percaya dan mengizinkan Susanoo berada di Takamanohara. Di sana Susanoo membuat keonaran lagi sampai Amaterasu bersembunyi di dalam gua Ama no Iwato. Amaterasu adalah dewa matahari, sehingga matahari tidak terbit selama Amaterasu bersembunyi. Para kami di Takamanohara menjadi susah hati. Amaterasu akhirnya keluar dari dalam gua setelah dikelabui. Susanoo yang sering membuat susah akhirnya diusir ke dunia bawah.
Dalam mitos tersebut dikisahkan pula pertempuran Susanoo vs Yamata No Orichi yaitu ular berkepala delapan.


Di Naruto Shippuuden Season 6 terdapat pertempuran antara keduanya. antara susanoo milik itachi melawan ular putih orochimaru yang keluar dari tubuh sasuke.


3. Kirin

Kirin
Qilin/Kirin (bahasa Jepang dan Korea) adalah mahkluk mitologis yang terdapat dalam legenda-legenda di berbagai negara di Asia Timur (Tiongkok, Jepang, Korea, Vietnam, dll.) dan dikisahkan selalu muncul bersamaan dengan datangnya seorang bijak. Qilin adalah sebuah pertanda baik yang menghadirkan rui (bahasa Tionghoa: 瑞; pinyin: ruì; yang lebih kurang dapat diterjemahkan sebagai "ketenangan" atau "kemakmuran"). Ia seringkali digambarkan dengan api yang menutupi seluruh tubuhnya. Di Tiongkok dan Jepang, rakyat percaya bahwa Qilin adalah hewan suci, pelindung negeri dari bencana. Qilin adalah pelindung sebelah barat dan dilambangkan dengan kekuatan petir. Qilin berwujud menyerupai kura bersisik berkepala singa bertanduk rusa dan lambang bagi pelindung anak-anak.
Didalam naruto, kirin merupakan jutsu ciptaan Sasuke. merupakan pengembangan jutsu dari chidori, jutsu berupa petir/kilat yang menyerang musuh dengan kecepatan kilat yang sesungguhnya. jutsu ini sasuke gunakan ketika melawan itachi.


 
Terimakasih sudah membaca artikel tentang Jutsu mata Uchiha dalam mitologi Jepang. semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuanya!  walau cuma sedikit bro...



Sumber: wikipedia: Mitologi jepang

4 komentar:

  1. jadi cerita naruto juga berhubungan dengan sejarah dijepang. Masashi kishimoto emang keren!

    BalasHapus
  2. memang alur cerita naruto adalah sejarah atau cerita rakyat dri negara jepang..
    selain izanagi dan izanami, kirin/raikiri, susano,amaterasu,orochi,tskoyomi, masih banyak lg, seperti kaguya ( dewi bulan ) yang di pungut oleh kake pencari bambu, dll

    BalasHapus
  3. Kalau film Boruto gimana hehe,, kan di Boruto udah ada yg nama nya teknologi, berarti film Boruto cuman karangan ya

    BalasHapus