Minggu, 16 Februari 2014

Sosok Dzulqarnain dalam Anime Naruto?

dzulqarnain dalam naruto
Obito Uchiha (Kiri), Madara Uchiha (Kanan), dalam mode
Rikudo Sennin.
Sosok Dzulqarnain dalam Anime Naruto?
Entri yang saya publishkan ini tidak lepas dari artikel saya terdahulu tentang Kesamaan Naruto dengan Tanda Akhir Zaman. 
Baru-baru ini saya menemukan satu hal lagi tentang fakta di balik animasi Naruto. adalah sosok Dzulqarnain (Salah satu raja yang melegenda dan disebut dalam Al-Quran surat Al- Kahfi).

Dzulkarnain adalah toko yang besar dalam sejarah manusia disebutkan juga tokoh mirip denganya adalah sosok Rikudo Sennin dalam serial anime Naruto. Hal yang mungkin sedikit atau banyaknya mirip adalah tergambarkan sosok dua tanduk dalam sosok Rikudo sennin trsebut. Entah memang iya atau tidak kebetulan atau yang lain kedua tokoh ini digambarkan memiliki dua tanduk. 

Bermacam-macam pendapat dari para ulama mengenai julukan Dzulqarnain. Ibnu Katsiir rahimahullah menukil pendapat Wahb bin Munabbih, ia berkata bahwa disebut Dzulqarnain karena ia mempunyai dua tanduk yang terbuat dari tembaga di kepalanya, namun kata Ibnu Katsiir ini pendapat yang lemah.
Sebagian ahli kitab berkata, disebut Dzulqarnain karena ia menguasai Persia dan Romawi.
Dikatakan bahwa kekuasaannya mencapai dua bagian tanduk matahari yaitu tanduk di tempat terbenamnya matahari dan tanduk di tempat terbitnya matahari, ia pun menguasai daerah-daerah yang terletak diantara dua tanduk tersebut.

smk kalitengah

Abul Qaasim Ibnu ‘Asaakir meriwayatkan dengan sanadnya hingga Ibnu Syihaab Az-Zuhriy rahimahullah :

قال : وحدثني إبراهيم بن المنذر، عن عبد العزيز، عن سليمان بن أسد، عن إبن شهاب، قال : إنما سمي ذو القرنين أنه بلغ قرن الشمس من مغربها وقرن الشمس من مطلعها فسمي ذا القرنين.

Dari Ibnu Syihaab, ia berkata, “Dinamakan Dzulqarnain karena bahwa ia (kekuasaannya) mencapai tanduk matahari terbenam dan tanduk matahari terbit, karena itulah ia dinamakan Dzulqarnain.”

Rikudo Sennin pula digambarkan dengan dua tanduk dan mata Rinnegan salah satu jutsu mata yang kuat di naruto. diceritakan juga Dzulqarnain Dia bisa melihat dengan jelas di siang hari dan di kegelapan malam.
Apa yang anda pikirkan??

Diriwayatkan pula dengan sanadnya hingga Al-Hasan Al-Bashriy rahimahullah :

أخبرنا أبو الحسين بن الفراء، وأبو غالب، وأبو عبد الله ابنا البنا، قالوا : أنا أبو جعفر بن المسلمة، أنا أبو طاهر المخلص، نا أحمد بن سليمان الطوسي، نا الزبير بن بكار، حدثني إبراهيم، عن عبد العزيز، عن حازم بن حسين، عن يونس بن عبيد، عن الحسن، قال : إنما سمي ذو القرنين أنه كانت له غديرتان في رأسه من 
شعر يطا فيهما

Dari Al-Hasan, ia berkata, “Dinamakan Dzulqarnain karena bahwa ia mempunyai dua jalinan (yang berbentuk tanduk) di kepalanya pada rambut yang melingkarinya.” [Taariikh Dimasyq 17/336].

Entah hanya kebetulan atau mungkin apa bagi Naruto Lovers seperti saya mari kita nikmatin saja serial animenya. hehhe Yooosssss!!! semoga artikel saya diatas menambah ilmu pengetahuan. jangan terlalu dipikirkan apa lagi diperdebatkan hal ini hanya opini saja. Terimakasih...


7 komentar:

  1. Waah saluut saluut pemikiran yang aneh tapi bener juga imajinasinya...

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. sebenernya lambang islam juga bukan bulan sabit tapi dua tanduk, yang berartikan corong waktu, keseimbangan waktu. tetapi pada jalanya zaman sedikit demi sedikit berubah dan hingga sekarang ada bintangnya.

      Hapus
    2. yang saya herankan kenapa sosok naruto disamakan dengan penyelamat, mungkin yg dimaksut imah mahdi, tapi kekuatan naruto jelas sama dengan mukjizat nabi muhammad SAW. Allahu a'lam

      Hapus
    3. dan yang saya tunggu2 apakah naruto akan membela mugen tsukuyomi (BULAN) seperti rasul muhammad

      Hapus
  3. ane juga mikirnya gitu gan

    BalasHapus
  4. ane juga mikirnya gitu gan

    BalasHapus