Rabu, 17 Juli 2013

5 Desain Cover Album Indonesia Terbaik

Selain musik, cover album juga memiliki kekuatan untuk menarik penikmat musik untuk mencobanya. Selain itu ada kebanggaan tersendiri dari penggemar untuk memajang album musisi kesayangannya karena covernya yang unik dan menarik.

Akan menjadi hal yang sangat biasa apabila musisi hanya menampilkan cover dengan gambar personel. Saat ini para musisi lebih berani dalam mengonsep albumnya. Mereka berani tampil beda dengan kemasan yang mirip album musisi luar.
Yoss!! Langsung saja berikut 5 Desain Cover Album Indonesia Terbaik Versi Blog ini:

1. Kerispatih - Melekat Di Jiwa


Kerispatih mencoba sesuatu yang berbeda pada sampul album terabrunya. Mereka mencoba meninggalkan konsep jadul cover album yang menampilkan foto personel dan mengganti dengan konsep yang lebih meanarik.

Konsepnya begitu menarik. Dilihat di sampul depan, hanya ada tulisan Melekat, namun ketika cover dibuka akan tampak tulisan 4 dimensi Kerispatih, Melekat Di Jiwa yang bisa dibaca secara bergantian.

Kerispatih mengaku bahwa ide ini terinspirasi dari buku komik Star Wars 4D. Mereka ingin tampil beda dan tak membosankan.

2. Ada Band - Empati

Terpuruknya penjualan album fisik membuat Ada Band memutar otaknya. Hingga akhirnya muncul ide kreatif untuk membuat sebuah komik yang digabung dengan album terbarunya.

Komik ini sendiri menceritakan masing-masing personel Ada Band yang memilik kekuatan super yang jalan ceritanya dikaitkan dengan lagunya. Ada band mengaku bahwa ide album komik ini tak sengaja, selain itu mereka ingin menampilkan sebuah album yang fun dan memiliki jalan cerita di lagunya.

3. RAN - Hop3

Konsep album RAN kali ini lebih menarik dengan taburan warna yang eye catching dan semanrik musiknya. Selain itu tidak adanya desain klise seperti foto-foto personel dan digantikan oleh 3 ikon kartun penyu, beruang dan kera sebagai representasi Rayi, Asta dan Nino.

Nilai plusnya lagi adalah visualisasi masing-masing lagu yang sangat menarik dan tidak ada lirik. Sehingga orang akan paham maksud dari lagu ini.

4. NOAH - Suara Lainya





Sempat tertunda selama kurun waktu 2 tahun, band yang sudah tidak lagi menggunakan nama Peterpan ini, akhirnya kembali merilis album. Namun album ini berbeda dengan album yang sebelumnya. Sepertinya hanya WOW yang bisa saya katakan untuk desain cover yang satu ini.

5. Ungu - 1000 Kisah Satu Hati


Bagaimana dengan Cover album yang satu ini? yaps UNGU banget, desain begitu simple dan has berefek Grayscale dan warna has Ungu.

Itu tadi 5 Desain Cover Album Indonesia Terbaik versi Blog ini. Semoga bermanfaat minim sebagai pengalaman saja. hehehe Terimakasih

1 komentar:

  1. Haha yang bikin blog bercanda nih. Lucu aja covernya keliatan gak ada apa2nya kalo dibandingin cover2 album berikut:
    -Guruh Gipsy (Guruh Soekarno Putra & Gipsy)
    -Misteri Kalajengking Hitam (Changcuters)
    -Badai Pasti Berlalu (Eros Djarot cs.)
    -Ethiopia (Iwan Fals)
    -Swami (Swami)
    -Piss (Slank)
    -Format Masa Depan (Dewa 19)
    -Topeng (Iwa K)
    -Taman Langit (Peterpan)
    -Koes Plus Vol 5 (Koes Plus)
    -LCLR 1978
    Yang album2 tersebut bukan hanya sekadar cover.. melainkan sebuah karya seni.. melambangkan musik mereka masing2.

    BalasHapus