Minggu, 18 Agustus 2013

Tutorial smudge painting photoshop

sigitseo Tutorial Smudge Painting Photoshop - Smudge Painting adalah istilah yang digunakan oleh beberapa graphic designer yang biasanya menggunakan media graphic design tools yaitu Adobe Photoshop untuk proses editing sebuah gambar atau objek smudge painting menjadi sebuah gambar yang menyerupai sebuah lukisan kanfas.


Langsung saja berikut adalah langkah-langkah sederhana yang saya buat untuk berbagi pengetahuan dengan belum tahu dan ingin tahu tentang smudge painting dengan photoshop. 

Langkah Pertama: Pilihlah foto atau gambar atau objek yang akan digosok menggunakan smudge tool.

Langkah Ke-Dua: Sebelum mulai 'menggosok' objek, hendaknya mempertajam objek dengan menggunakan filter sharpen agar detail objek bisa terlihat lebih jelas dan memudahkan kita nanti ketika proses 'penggosokan'. Caranya adalah sebagaimana pada gambar. Filter ==> Sharpen ==> Sharpen.


Langkah Ke-Tiga: Adalah memulai proses 'penggosokan'. Nah pada proses ini tool yang digunakan adalah smudge tool yang akan kita gunakan untuk 'menggosok' objek agar tampak seperti lukisan kanfas sungguhan. Smudge tool defaultnya berada di sebelah kiri layar Adobe Photoshop bersama tool-tool yang lain.

Langkah ke-Empat: Jika langkah ke-empat sudah selesai maka mulailah 'menggosok' objek gambar dengan teliti dan perlahan-lahan. Arah gosokan haruslah mengikuti alur pada gambar. Agar garis detail pada gambar tidak hilang. Jika terjadi kesalahan dalam penggosokan. Maka ulangilah dengan menekan Ctrl+Alt+Z.


Langkah terakhir: adalah proses pewarnaan, kita bisa menggunakan Color Balance Ctrl+B atau Hue Selurations Ctrl+U. 

bagaimana? tidak terlalu sulit kan?




 Saya baru belajar smudge tool ini, maklum masih pemula. terimakasih dan semoga bermanfaat!
 

3 komentar:

  1. wahhh smudger juga yah ^_^
    salam kenal dari nganjuk ya mas :) Salam ART!
    ditunggu kedatangannya ditempat saya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. artikel saya diatas hanya coba-coba.. saya baru lihat karya mbak rahma..
      mantaap abisss.... hahah saya jadi minder...
      lanjutkan karya dan art mu... (y)

      Hapus
    2. oh zaaa.. buukan.. saya hanya coba2.. masih mau belajar sama mbak rahma

      Hapus