Rabu, 19 November 2014

Teknik Sederhana Smudge Painting untuk pemula (Newbie)

smudge painting tutorial prabowo

Teknik Sederhana Smudge Painting untuk pemula (Newbie). Kali ini saya membagkan Tutorial Sederhana Teknik Smudge Painting dengan media Photoshop untuk newbie seperti saya. Kali tadi saya belajar teknik smudge dan sambil menyelam minum air sekalian saya buat untuk posting.

langsung saja gak pake basa basi seperti artikel lain di idsmk dan sigitseo lainya. mari kita ke TKP!

Langkah pertama
Masukan gambar/foto yang akan kita smudge (gosok). untuk tutorial saya, saya pakek foto pak Prabowo.

Langkah Kedua
Pada menu filter: filter>sharpen>sharpen seperti digambar. kalo kurang detail bisa diulang efeknya dengan Ctrl+F. atau bisa ditambahkan Filter>Artistic>Paint Daubs. dan sesuaikan detailnya. hasilnya akan tampak seperti gambar berikut.




sebelum dan sesudah sharpen.


sigit sapto wahyono

Langkah ketiga
Langsung aja kita smudge (gosok) menggunakan Smudge Tool (R). lihat seperti gambar, dan yang perlu diperhatikan adalah cara menggosok sesuai tekstur foto.






Gambar sebelum (atas) dan sesudah digosok (bawah).


prabowo subianto smudge painting

Kalo semua bagian sudah kita gosok tentunya manual otomatis karya smudge painting anda sudah berhasil.

Langkah keempat (Finishing)
Kita setting pencahayaan pada gambar menggunakan Dodge Tool (Cerah) dan Burn Tool (Gelap). perhatikan gambar.


smk kalitengah


Dan inilah hasilnya!


kurnia yahya


Nb: untuk coloring kita bisa gunakan color balance/Ctrl B.

Naaahhhh teman kita telah menyelesaikan proses Smudge Painting Photoshop tanpa ribet. sangat sederhana dan singkat. tapi maklum saya masih newbie jadi hasilnya tak semulus para master. semoga ilmu sederhana yang saya bagikan bisa bermanfaat. terimakasih. silahkan dicoba!

1 komentar:

  1. makasih ne mas sigit.. saya kalau photoshop sangat kurang faham sekali edit edit foto seperti ini... tutornya saya coba dulu ya mas..

    BalasHapus