Selasa, 20 Mei 2014

Banyak Pengunjung = Banyak Pendapatan dari Iklan?

trik adsense blogger

Banyak Pengunjung = Banyak Pendapatan dari Iklan? Think again..

Kinerja Google Adsense memasang iklanya pada blog seputar Blogging/ngeblog

atau lebih tepatnya blog yang berisi tips, trik dan tutorial blogger.

Tidak rahasia lagi kalo Goodle Adsense PPC (Pay per Clic) sangat di idamkan kebanyakan Blogger. Sayangnya, untuk menjadi member dan mendapatkan penghasilan dari Google Adsense itu bukan hal yang mudah. Sudah banyak sekali Blogger Indonesia mendaftarkan blognya namun tidak semua diterimah. baca juga artikel Trik Jitu dan Rahasia di Terimah Google Adsense.

Faktor dan tujuan ngeblog

Banyak faktor saat kita akan menciptakan suatu blog, mungkin iseng, hoby menulis dan pengen artikel kita dilihat publik, ikut-ikutan saja, biar keren, pengen menghasilkan uang dan sebagainya. namun dari kebanyakan aktifis IT (Informasi teknologi) yang menjadi seorang blogger artikel mereka identik Tutorial seputar Blogging. hal ini bisa dilihat dari banyaknya blog dan antusias seorang blogger sendiri. secara tidak masiv mereka banyak menulis seputar dunia blogger.

Salah satu tujuan ngeblog adalah mendapatkan iklan dan penghasilan, salah satunya adalah PPC seperti Google Adsense sendiri.

Apakah Google Adsense memasang iklanya pada blog yang isinya tutorial Ngeblog/seputar Blogging?


Sebuah blog dengan tema tertentu pasti memiliki pengunjung dari kalangan tertentu. Pengunjung suatu blog seputar blogging tidak lain adalah seorang aktifis blogger. dengan tujuan sama mencari iklan, iklan dalam artikel kali ini yang saya tujukan adalah Google Adsense. lalu apakah pengunjung dari blog yang didominasi oleh blogger dengan tujuan sama akan mengklik iklan pada tayangan blog?

Ini yang saya pertanyakan selama ini. memang tidak tahu pasti bagaimana kinerja tim Google Adsense. yang jelas kuantitas visitor suatu blog tidak begitu berpengaruh besar dalam persetujuan menjadi member Adsense. karena Google adsense lebih mengetahui dan bijak dalam menayangkan iklanya kepada blog publisher tertentu. menurut saya pribadi yang paling penting adalah keamanan pengiklan dan kenyamanan konsumen.

Penargetan Iklan adsense untuk penayang iklan ada dua jenis:

1. Penargetan kontekstual

Kebanyakan iklan Adsense yang muncul di blog sobat adalah jenis penargetan kontekstual. Iklan muncul di situs atau blog anda, karena konten anda relevan terhadap iklannya.

2. Penargetan berbasis minat

Iklan yang muncul berdasarkan kegiatan Anda surfing di internet. Sebagai contoh, jika sebelumnya Anda sering mengunjungi situs tentang pasar stok, maka ketika Anda mengunjungi blog lain yang memasang Adsense, maka kemungkinan besar iklan yang muncul adalah iklan tentang pasar stok.

Hal ini membuat iklan lebih relevan terhadap minat pengunjung, bukan terhadap konten blog Anda sendiri. Karena itu, dari hasil pengamatan saya, iklan berbasis minat selalu memiliki CTR lebih tinggi dari jenis penargetan lainnya. Jika dibandingkan penargetan kontekstual nilai CTR beberapa kali lipat lebih tinggi.

referensi: portal-uang


Kesimpulan:

Tidak masalah semua blog dengan konsep apapun, yang terpenting adalah keuletan dan kesungguh-sungguhan dalam menulis dan membangun blog.

2 komentar:

  1. Saya sendiri masih belum punya akun google adsense , soalnya daftarnya susah ni, malahan daftar di menu penghasilan dasar blogger tulisan adsensenya nggak bisa di klik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sabar dulu mas saya dulu juga sudah 3x ditolak,
      coba langsung saja mas daftar di https://www.google.com/adsense/ blognya uda top tuh,,

      Hapus