Selasa, 28 Oktober 2014

Langkah Membuat Blog yang Baik dan Berkualitas


Cara Membuat Blog yang Baik dan Berkualitas tidaklah susah, yang sebenarnya ada tahapan dan langkah standar dan cukup mudah untuk menerapkanya, namun kebanyakan aktifis blogger tidak mengetahui, tidak tahu atau bahkan tidak memakainya.

Sayang sekali blog yang pada dasarnya mantap namun karena salah starting akhirnya blog tercipta dengan sia-sia dan mengecewakan. kalau kita sudah terjun ke dunia blogger hendaknya jangan setengah-setengah, buat blog yang bagus sekalian. walau tujuan dari ngeblog berbeda-beda apa salahnya kalau kita kerja maksimal, daripada sama-sama kerja tapi beda hasil.

Langkah Membuat Blog yang Baik dan Berkualitas

Untuk membuat blog keren bukan masalah susah semua itu bisa kita cari di mbah Google. namun membangun blog yang berkualitas dan mendapatkan trafik tinggi pada search engine Google adalah perkarah yang rumit dan gampang-gampang susah. Lalu bagaimana cara kita memulai blog, dan hal apa yang perlu diperhatikan?karena itu baca juga Hal Pertama Yang Perlu di Perhatikan dalam Memulai Blog.

Langkah Membuat Blog yang Baik dan Berkualitas

Berikut saya bagikan langkah membuat blog yang baik, untuk lebih jelas dan detailnya saya bagi menjadi dua tahap, yaitu Sebelum dan Sesudah, Pre Blogging dan Post Blogging. ok! langsung saja kita ke TKP!

Pre Production

1. Memilih Konsep

Langkah pertama adalah memilih konsep/tema. dlm membangun sebuah blog berkualitas adalah jauh sebelum kita membuat blog itu sendiri. Memulai Blog dengan Konsep/Tema yang di kuasai. akan lebih gampang dalam menjalankan blog khususnya dalam menulis artikel, dan mutu kualitas blog dalam bidang konten.

2. Judul

Setelah sudah memiliki Konsep buatlah judul yang bagus untuk blog anda, ingat jangan asal memilih judul, pilihlah yang serelevan mungkin dengan konsep dan bakal konten yang akan kita buat.

3. Membuat Domain

Jangan asal membuat domain, karena domain juga berpengaruh pada blog anda untuk bertengger di halaman pertama Google dari kata kunci yang dipilih. Nama domain juga harus sesuai dengan tema dan judul blog anda, semisal anda akan membuat blog tentang jamu dan obat tradisional, maka sebaik mungkin anda memilih domain: jamusehat.com, jamutradisional.com dsb.
jangan asal membuat domain saya sering surfing dan menemukan blog yang tema dan judul sekaligus domain yang saya rasa tidak cocok. Setelah ketiga poin diatas sudah kelar, daftarkan blog anda.

Post Production

1. Pilih Template

Template sangat penting untuk blog kita, diibaratkan rumah mungkin template adalah dindingnya. fungsi template antara lain membuat pengunjung krasan dan betah, jangan lupa pilih template yang cocok dengan tema blog kita. pilih template yang friendly, sejuk, bersih dan ringan.

2. Konten yang Baik

Konten adalah salah satu unsur pembentuk blog, buatlah Konten yang berkulitas, relevan dan memiliki harga jual dan yang paling penting adalah has/karakteristik dari admin dan blog itu sendiri, konten yang has dan unik membuat pengunjung betah dan sering berkunjung pada blog anda. sayang sekali kebanyakan blogger pemula karena mereka ingin secara instan memiliki banyak postingan dan pengunjung, akhirnya memilih cara copas. saya tekankan copas sangat tidak baik, baca dan simak pembahasan saya tentang Arti dan Nilai Copas seorang Blogger.

3. Riset Kata Kunci

Sekarang anda sudah mempunyai blog, tapi jika anda ingin blog anda ditemukan oleh banyak orang melalui mesin pencari, maka anda harus melakukan riset kata kunci. bagaimana caranya? ada tiga hal yang perlu anda perhatikan sebagai berikut:
  1. Kata kunci yang banyak dicari orang sekaitan dengan tema tersebut?
  2. Kata kunci yang mempunyai profit besar?
  3. Bagaimana memenangkan persaingan untuk keyword/kata kunci tersebut?

4. Optimasi SEO

tahap selanjutnya adalah optimasi seo, baca saja Cara Optimasi SEO onpage pada Blog.

5. Konsisten

Google juga menilai Konsistensi dalam mempublish artikel. tulislah artikel yang unik dan original, jangan terobsesi dengan banyak artikel dan memilih cara alternatif (Copas) tentu akan berdampak negatif pada blog anda sendri.

Itulah tadi artikel tentang Langkah Membuat Blog yang Baik dan Berkualitas, semoga bermanfaat, ikuti terus sigitseo seputar blogging, terimakasih

12 komentar:

  1. Masih banyak yg blom sesuai lngkah diatas, apalagi domain lebih ke idealisme...jadinya nggak cocok sama isi..
    Makasih gan, bisa untuk perbaikan blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama kang, gak harus blog idealisme jelek, malah berbagi pengalaman banyak manfaat dan visitornya gak terbatas. blog saya juga termasuk memakai id admin sendiri :D
      cuma saja nilai hasnya kurang.. saya sendiri masih newbie masih perlu banyak belajar, thank for visit

      Hapus
  2. Balasan
    1. Yaps bener banget, strategi pemasaran juga penting untuk kemajuan blog termasuk visitor.

      Hapus
  3. terimakasih infonya mungkin sekarang saya lebih fokusnya ke Post Production ya mas?

    BalasHapus
  4. Asyik kebetulan nih mas, postingan ini yg lagi sy cari :)

    BalasHapus